Makalah ABSS Premier V 20 pada PT Saudade Komputer
TUGAS MAKALAH
APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI II
“PT SAUDADE KOMPUTER”
Disusun oleh :
-Siska Rismaya(11190180)
-Amilia Fitria (11190506)
-Lince Huwida Maria(11190535)
-Muhammad Nazam(11191060)
Bina Sarana Informatika
Jakarta
2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini.
Penulisan makalah ini digunakan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Aplikasi Komputer Akuntansi II. Oleh karena itu, kami mengucapkan rasa terima kasih kepada :
Ibu Rusma Insan Nurachim, M.Kom selaku dosen pengajar mata kuliah Aplikasi Komputer Akuntansi II
Teman-teman yang telah mendukung dan memberi semangat kepada penulis
Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Jakarta, Desember 2020
Tim penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................................................................ii
DAFTAR ISI.................................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang……………………………………………………………………....5
1.2 Metode Pengumpulan Data …………………………………………………………5
1.3 Maksud dan Tujuan……………………………………………………………….....5
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Definisi ABSS ..........................................................................................................6
2.2 Kegunaan ABSS……………………………….…………………………………...6
2.3 Cara Penginstallan ABSS V 20…………………………………………………….6
BAB III STUDY KASUS DAN PEMBAHASAN
A. Pembuatan Data Perusahaan Baru………………………………………………….10
B. Pengaturan Preferences……………………………………………………………..14
C. Pembuatan Mata Uang……………………………………………………………...17
D. Pembuatan Linked Accounts ……………………………………………………….20
E. Pengaturan Data Akun………………………………………………………………23
F. Pembuatan Linked Accounts………………………………………………………...26
G. Pembuatan Data Pajak……………………………………………………………....29
H. Pembuatan Data Job………………………………………………………………....30
I. Pembuatan Category………………………………………………………………….31
J. Pembuatan Price Level……………………………………………………………….32
K. Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Karyawan ………………………………….33
L. Pencatatan Saldo Awal Akun ………………………………………………………..37
M. Pencatatan Persediaan Barang ………………………………………………………40
N. Transaksi Modul ………………………..……………………………………………42
O. Pencetakan Laporan ………………………………………………………………….46
P. Laporan ……………………………………………………………………………….47
Q. Analisa Laporan keuangan …………………………………………………………...50
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan..................................................................................................................52
4.2 Saran............................................................................................................................52
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dijaman era globalisasi ini, pengguna computer sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan disemua bidang. Hampir disemua bidang sektor industri perekonimian menggunakan komputer, dari segi industri mikro sampai industri makro. Khususnya penggunaa komputerisasi berbasis akuntansi , dalam bidang penjualan, penyewaan, pinjaman, dan lain sebagainya. Dari bidang tersebut hampir keseluruhannya menggunakan sistem computer. Walaupun tidak semuanya menggunakan aplikasi berbasis komputer. Masih ada penggunaan system yang manual, oleh karena itu Tim Penulis merancang sebuah Aplikasi Akuntansi yang mempermudah Proses perhitungan yang berbasis komputer.
Diharapkan bisa membantu proses efisiensi waktu , meminimalisir terjadinya kesalahan dan mempermudah pengguna aplikasi akuntansi tersebut. Oleh karena itu Tim penulis bisa membantu khususnya pembaca Makalah ini agar dapat memebantu mengerti apa itu mengenai Program Aplikasi Akuntansi berbasis komputer yaitu MYOB.
Metode Pengumpulan Data
Tim penulis menerapkan beberapa metode pengumpulan data, yaitu metode:
Study Kasus
Mengutip dari beberapa literatur dan sumber internet serta mengambil dari berbagai contohyang dibuku – buku sumber referensi yang ada.
Observasi
Yaitu sebuah metode yang mengutip dari sumber langsung dari sumber buku yang telah Tim Penulis baca.
Maksud dan Tujuan
Maksud dari tim penulis merancang sebuah program yang diharapkan membantu proses dari mulai akuntansi untuk menerangkan cara menginput dan menghasilkan sebuah laporan untuk merancang sebuah akuntansi yang berbasiskan computer khususnya program MYOB
Mempermudah dan memahami ap aitu aplikasi computer berbasis MYOB
Mempermudah proses akuntansi yang mudah serta efisien.
Menambah wawasan pengetahuan khususnya Tim Penulis untuk jauh lebih memahami apa itu MYOB dimasa yang akan datang.
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah salah satu syarat nilai tugas mata kuliah Aplikasi Komputer Akuntansi II dan disusun oleh Tim Penulis.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Definisi ABSS
ABSS Premier V.20 merupakan software yang digunakan untuk mengolah data akuntansi. Software ini memudahkan Anda melihat arus keuangan, baik pribadi maupun perusahaan. Software ABSS Premier V.20 adalah software yang sangat mudah digunakan dan memliki banyak kemampuan untuk mengelola berbagai macam transaksi keuangan.
2.2 Kegunaan ABSS
Berikut kegunaan ABSS Premier v.20 dalam kegiatan administrasi perusahaan:
Alat bantu orang–orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
Membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi–semuanya hanya dengan mengklik beberapa tombol saja.
2.3 Cara Penginstallan Aplikasi ABSS Premier V 20
Langkah-langkah menginstall ABSS Premier 20 adalah sebagai berikut:
Klik dua kali pada ABSS_Launcher
Jendela install akan tampil. Kemudian klik Install ABSS Premier
Jendela INTLSetup akan tampil > klik Next
Klik I accept the terms in the License Agreement > Klik Next
Jendela pilihan INTL Setup akan ditampilkan (biarkan standar, tidak perlu diubah) > klik Typical
Jendela pilihan folder program akan ditampilkan (biarkan standar, tidak perlu diubah) > klik Next
Jendela persiapan install ditampilkan > klik Install
Proses install sedang berlangsung
Proses install selesai > klik Finish
Berikut ini adalah tampilan awal dari ABSS Premier 20.
BAB III
STUDY KASUS DAN PEMBAHASAN
PEMBUATAN DATA PERUSAHAAN BARU MULTI CURRENCY
INFORMASI UMUM PERUSAHAAN
Nama Perusahaan : SAUDADE “Computer”
Alamat Perusahaan : Jl. Lengkong No. 8 Garawangi Kuningan 2744
Jenis Usaha : Toko Computer, Aksesoris komputer dan jasa Services
No. Tlp : 021-700056
No. Fax : 021-700057
Email : saudadecomp@gmail.com
KEBIJAKAN PERUSAHAAN
Pada awal tahun 2020, perusahaaan melakukan pencatatan setiap transaksi menggunakan aplikasi akuntansi MYOB PREMIER V 20.0
Berikut ini adalah beberapa kebijakan umum perusahaan:
a. Periode akuntansi dimulai pada tanggal 1 Januari – 31 Desember 2020
b. Menggunakan format tanggal DD/MM/YYYY
c. Menggunakan satuan unit
d. Menggunakan 3 mata uang (1 mata uang lokal, dan 2 mata uang asing), yaitu:
1. IDR (Local)
2. USD dengan rate: Rp. 13.000
3. SGD dengan rate: Rp. 14.500
f. Setiap akhir bulan akan dilakukan pencatatan penyusutan untuk harta tetap
g. Pengeluaran kurang dari Rp.1.000.000 menggunakan kas kecil
Langkah-langkah untuk membuat data perusahaan berdasarkan data perusahaan diatas sebagai berikut:
Buka Software ABSS Premier V.20 dengan mengklik ganda ikon ABSS V.20.
Selanjutnya tampil kotak dialog Welcome To ABSS Premier. Untuk membuat data baru Pilih Create a new company file.
Selanjutnya muncul kotak dialog New Company File Asistant dan klik Next pada bagian Introduction.
Isikan data baru perusahaan pada kotak dialog New Company File Asistant bagian Company Information. Setelah semua sudah terisi dengan data yang benar, klik tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.
Pada kotak Dialog New Company File Asistant bagian Accounting Information isikan data tahun pembukuan dan bulan transaksi perusahaan. Data yang diinput tidak boleh SALAH, perhatikan pada tampilan berikut ini. Kemudian jika sudah benar klik tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.
Pada Please confirm your accounting information akan menampilkan sebuah konfirmasi tentang accouting year yang sudah dibuat, pastikan bahwa tahun, bulan, dan periode akuntansi yang diisi sudah benar, karena jika sudah sampai tahap conclusion data periode yang sudah dibuat tidak dapat diubah kembali, dan Anda harus mengulang dari proses awal lagi. Jika sudah merasa benar klik tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.
Pilih option pertama yaitu “I would like to start with one of the list provided by ABSS” pada kotak dialog New Company File Asistant bagian Accounts List. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.
Pada select your accounts list pilih jenis perusahaan yang sesuai dengan perusahaan. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.
Pada kotak Dialog New Company File Asistant bagian Company File klik tombol Change untuk memilih tempat penyimpanan file data perusahaan. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.
Setelah itu, akan tampil informasi Congratulation sebagai ucapan Selamat, karena anda sebagai pemakai software ABSS Premier V.20 dan telah berhasil membuat data akuntansi baru dengan ABSS Premier V.20, Kemudian Pada kotak Dialog New. Kemudian Pada kotak Dialog New Company File Asistant bagian Conculusion klik tombol Command Centre untuk melanjutkan proses selanjutnya.
PENGATURAN PREFERENCES
Saat membuat file baru fasilitas multi currencies tidak langsung diaktifkan oleh ABSS Premier. Untuk mengaktifkan fasilitas multi currencies melalui menu preferences.
Untuk menentukan preferences tersebut ditetapkan dengan cara sebagai berikut :
Pilih menu Setup – preferences
Bagian system
Bagian system mengijinkan ABSS untuk berinteraksi dengan aplikasi, internet, cetak invoice, dan pengaturan untuk menggunakan sistem multi currency yg berpengaruh pada system
Klik opsi “I Deal in Multiple Currencies [System-Wide]”
Kemudian klik botton OK pada kotak dialog informasi
Pada opsi “I Deal in Multiple Currencies [System-Wide]” akan tampil tanda ceklis
Bagian Windows
Bagian windows mengijinkan untuk mengatur tampilan dalam lingkungan ABSS seperti tata letak setiap window, symbol mata uang, memilih yg diizinkan tampil dan yg disembunyikan. Contoh yg perlu diatur pada bagian windows yaitu : Hilangkan tanda ceklis pada opsi “Automatically Check Spelling in Text Fields Before Recording Transaction”
Bagian sale preferences
Ceklis pada opsi “Warn for Duplicate Invoice Numbers on Recorded Sales”
Klik botton terms untuk membuat termin pembayaran
Isi data termin pada kotak dialog Credit Terms sebagai berikut :
Bagian Purchases Preferences
Ceklis pada opsi : “Warn for Duplicate Purchase Orders Numbers on Recorded Purchases”
Security Preferences
Klik tombol UserID
Klik tombol New
Isi data berdasarkan nama masing-masing pada kolom User ID
Klik tombol OK
PEMBUATAN MATA UANG
Pilih menu List – curriencies
Kemudian akan tampil daftar mata uang yg sudah disediakan ABSS Premier. Daftar mata uang tersebut hapus data mata uang yg tidak digunakan dengan cara klik kanan pada list mata unag kemudian delete currency
Mata uang Rupiah
Pada kotak diaog Currencies List, klik anak panah di baris United States Dollars (Local) atau klik tombol Edit.
Klik Ok
Mata uang Singapure Dollars
Edit mata uang Singapure Dollars
Ubah pada kolom Exchange Rate untuk mata uang SGD ubah menjadi 14.500
Mata uang United States Dollars
Buat baru untuk mata uang United States Dollars dengan cara klik tombol New.
Isi data menjadi seperti berikut :
Currency code : USD
Currency Name : United States Dollars
Exchange Rate : 14.500
Currency symbol : US$
PEMBUATAN LINKED ACCOUNTS
Linked accounts mata uang IDR
Buka dari menu List pilih Currencies
Pilih baris mata uang Rupiah (Local) kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.
Ubah Link account pada tan receivable accounts
Ubah link account pada tab Payable Accounts
Linked accounts mata uang USD
Buka dari menu List pilih Currencies
Pilih baris mata uang United States Dollar kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.
Ubah Link account pada tab receivable accounts
Ubah link account pada tab Payable Accounts
Linked accounts mata uang SGD
Buka dari menu List pilih Currencies
Pilih baris mata uang United States Dollar kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.
Ubah Link account pada tan receivable accounts
Ubah link account pada tab Payable Accounts
PENGATURAN DATA AKUN
PEMBUATAN DATA AKUN BARU
Langkah-langkah membuat akun baru untuk mata uang asing sebagai berikut:
a. Pada kotak dialog Account List pilih tombol New.
b. Pada kotak dialog Edit Accounts untuk tab profile pilih option Header/Detail sesuai yang diinginkan, kemudian pilih type akun sesuai yang diinginkan. Setelah itu buat nomor akun sesuai dengan kode yang diinginkan, selanjutnya buat nama akun sesuai yang diinginkan. Sebagai contoh buat akun Cash (USD) dengan type account adalah Bank.
Pada kotak dialog Edit Accounts untuk tab Details, pada kolom Currency ubah menjadi mata uang sesuai yang diinginkan kemudian klik tombol Use Currency. Sebagai contoh ganti currency menjadi USD
Setelah itu, akan tampil kotak dialog ABSS Premier, untuk konfirmasi bahwa akan dibuatkan akun Exchange secara otomatis oleh ABBS berdasarkan pilihan mata uang yang sudah dipilih pada kolom Currency. Klik botton OK jika setuju ingin dibuat akun Exchange secara otomatis, namun klik tombol Cancel jika tidak setuju.
Pada kolom Currency Exchange akan tampil nomor akun secara otomatis, contohnya tampil nomor akun 1-1102 Cash USD Exchange.
Lalu klik OK. Hasil pembuatan akun baru akan tampil pada Account List
Kemudian sesuaikan type akun untuk Exchange yg terbenuk secara otomatis dengan type akun yg diinginkan. Contoh pada account 1-1102 Cash USD Exchange ubah akun type “other asset” menjadi “Bank”.
PEMBUATAN LINKED ACCOUNTS
Linked accounts mata uang IDR
Buka dari menu List pilih Currencies
Pilih baris mata uang Rupiah (Local) kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.
Ubah Link account pada tan receivable accounts
Ubah link account pada tab Payable Accounts
Linked accounts mata uang USD
Buka dari menu List pilih Currencies
Pilih baris mata uang United States Dollar kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.
Ubah Link account pada tab receivable accounts
Ubah link account pada tab Payable Accounts
Linked accounts mata uang SGD
Buka dari menu List pilih Currencies
Pilih baris mata uang United States Dollar kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.
Ubah Link account pada tan receivable accounts
Ubah link account pada tab Payable Accounts
PEMBUATAN DATA PAJAK
Kode pajak yang digunakan perusahaan PT Siwali adalah VAT. Adapun rincian data pajak seperti berikut :
Langkah-langkah membuat kode pajak:
Pada menu Bar Pilih menu List lalu pilih Tax code
Muncul jendela Tax Code List. Double klik baris pajak VAT atau klik tombol Edit.
Setalah itu akan tampil data VAT sebelum dilakukan perubahan data
Kemudian lakukan perubahan data
Setelah selesai klik tombol OK
PEMBUATAN DATA JOB
Berikut daftar jobs yang perlu dibuat:
Langkah-langkah membuat daftar jobs:
Pilih menu List kemudian pilih Jobs.
Tampil kotak dialog Jobs List kemudian klik Tombol New.
Tambahkan detail Job sesuai yang diinginkan kemudian klik tombol OK
PEMBUATAN CATEGORY
Daftar kategori yang perlu dibuat, seperti berikut:
Langkah-langkah membuat category:
Pilih menu List kemudian pilih Categories.
Tampil kotak dialog Categories List kemudian klik Tombol New.
Tambahkan detail Categories sesuai yang diinginkan kemudian klik tombol OK
PEMBUATAN PRICE LEVEL
Berikut daftar price level yang perlu dibuat:
Langkah-langkah membuat price level:
Pilih menu List kemudian pilih Costum list & field Names setelah itu pilih Price Levels.
Pada tab Price Level sesuaikan dengan yang diinginkan.
PEMBUATAN DATA PELANGGAN, PEMASOK, DAN KARYAWAN
Ketika perusahaan memasukkan daftar nama individu atau perusahaan dalam sebuah transaksi, maka nama individu atau perusahaan tersebut secara otomatis akan terdaftar dalam file kartu perusahaan. Berikut ini adalah contoh data pelanggan, pemasok, dan karyawan yang dimiliki oleh perusahaan PT SAUDADE COMPUTER
Berikut langkah-langkah untuk mengisikan Data Pelanggan :
Pilih menu Card File pada Command Centre kemudian pilih Card List
Pilih tab customer kemudian pilih new.
Pada kotak dialog card file untuk tab profil isi data.
Setelah itu klik tab selling details, isikan data
Berikut langkah-langkah untuk mengisikan data supplier :
Pilih menu card file pada command centre kemudian pilih card list.
Pilih tab supplier kemudian pilih tombol new.
Pada kotak dialog card file untuk tab profile isi data
Setelah itu klik tab buying details, isikan data
Berikut langkah-langkah untuk mengisikan data employee :
Pilih menu card file pada command centre kemudian pilih card list.
Pilih tab employe kemudian pilih tombol new
Pada kotak dialog card file umtuk tab profile isi data
Lakukan langkah yg sama untuk data supplier lainnya
PENCATATAN SALDO AWAL AKUN
Masukkan nilai minus jika jumlah saldo awal perkiraan tersebut bersifat mengurangi perkiraan lain perkiraan lain, misalnya untuk perkiraan Akumulasi Penyusutan, potongan, retur dan prive. Dan masukkan nilai minus jika akun yang ada di neraca saldo, tidak pada posisi normal. Kolom saldo normal menentukan posisi debet atau kredit saat membuat data neraca saldo awal.
Selisih pemasukan saldo awal akan ditampilkan pada bagian bawah form opening balance. Nilai selisih tersebut akan dialokasikan ke dalam akun Historical Balancing.
Jika nilai saldo belum nol atau belum seimbang, maka ada yang salah dalam proses pengisiannya.
Berikut langkah-langkah dalam untuk mengisikan saldo awal neraca saldo.
Pada Menu Bar pilih Menu Setup pilih Balances kemudian Account Opening Balance.
Masukkan nilai nominal saldo awal untuk masing-masing perkiraan pada kolom Opening Balance.
Nominal akun Exchange akan secara default diberikan oleh ABSS Premier V.20 dengan klik tombol Calculate Now.
Setelah itu akan tampil Kotak dialog Confirm Exchange Account Opening Balance kemudian klik tombol OK.
PENCATATAN PERSEDIAAN BARANG
Setup list item
Cara menginput data persediaan yaitu:
Pilih Modul Inventory
Item List → New
Isikan data pada tab Profile, Buying Details, dan Selling Details.
TRANSAKSI MODUL
Pembelian Kredit
Pada tanggal 1 januari 2020 Saudade Computer membeli laptop dan computer kepada PT.ASUS dengan jenis pembayaran nya adalah kredit , nomer purchase ; FPB001 sebesar Rp.26.015.000 dengan termin 2/10, n/30 VAT 10%. Berukut adalah daftar barang yang dibeli oleh saudade computer :
Penyelesaian :
Pilih modul purchase -> Enter purchase
Kili changes to Bill
Unceklist tax inclusive
Ubah data termin
Ubah tampilan layout menjadi item
Isikan data transaksi purchase
Pastikan rate yg digunakan : IDR
Pilih category menjadi L
Pelunasan Piutang
Pada tanggal 3 januari 20167, INSANI Computer menerima pembayaran piutang dari ZIgma computer sebesar Rp.2.000.000 melalui bank BCA
Penyelesaian:
a. Pilih Modul Sales → Receive Payments.
b. Pilih customer
c. Ubah kolom Deposit to Account : Cash (USD).
d. Input data transaksi pelunasan piutang usaha sesuai dengan bukti transaksi.
e. Isikan nominal pembayaran pada kolom Amount Applied sesuai dengan jumlah yang ada pada bukti transaksi
f. Klik kolom Amount Received maka akan menampilkan nominal saldo secara otomatis. Kemudian tekan tombol Tab pada keyboard agar nominal out of Balance menjadi nol (0).
Pelunasan Hutang
Pada tanggal 10 januari 2016 , Insani computer membayar hutang kepada PT.LENOVO sebesar SGD 100 melalui Bank EUR .
Penyelesaian :
Klik modul purchase
Pilih pay bills
Pilih nama supplier
Pilih jenis account sesuai dengan yg di tentukan
Isikan data pada kolom cheque no dan kolom date
Isikan nominal sesuai dengan jumlah yg ingin dibayar pada kolom amount applied
Klik pada kolom amount maka akan menampilkam nominal saldo secara otmatis
Kemudian tekan tombol tab pada keyboard agar kolom out of balance menjadi nol (0)
PENCETAKAN LAPORAN
Menampilkan laporan jurnal transaksi yang dibuat dari record journal entry dengan periode tanggal yang terpilih. Laporan ini nantinya dapat dikirim ke program lain misal ke PDF. Ikuti langkahnya berikut :
Pada kotak dialog Command Center - klik Command panel : reports, lalu klik accounts.
Pilih Account Transaction [Accrual] kemdian klik tombol Customize.
Pada kotak dialog report Customisation-general Journal, tentukan periode tanggal pada Transaction date from ketik 01-01-20 dan to 31-01-20, kemudian klik tombol display.
Report display ditampilkan, dapat langsung mencetak laporan ini, dengan mengklik tombol print atau jika ingin mengirimnya ke program lain untuk diolah, pilih tombol Send To – pilih jenis dokumen laporan yang di inginkan contoh PDF.
Simpan file laporan pada direktori yan diingkan. Contoh buat folder REPORT pada folder PT SIWALI kemudian simpan file laporan tersebut.
LAPORAN
Laporan yang dihasilkan dari penginputan transaksi pada PT. Saudade Computer adalah laporan laba rugi, neraca dan arus kas.
Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi menginformasikan tentang pendapatan, harga pokok penjualan dan biaya-biaya yang akan diketahui besarnya pendapatan bersih. Langkah-langkah membuka laporan laba rugi sebagai berikut:
Pada kotak dialog Command Center - klik Command panel : Reports.
Klik Accounts.
Pilih Income Statement [Accrual].
Pilih dan klik customise, pilih periode laporan untuk Bulan Januari 2020.
Klik Display
Laporan Neraca
Laporan neraca menginformasikan tentang posisi keuangan yang tediri dari aktiva dan pasiva. Langkahlangkah membuka laporan neraca sebagai berikut:
Pada kotak dialog Command Center - klik Command panel : Reports.
Klik Accounts.
Pilih Standard Balance Sheet.
Klik Customise, pilih periode laporan: Januari 2020.
Klik Display.
Laporan Arus Kas
Laporan arus kas adalah bagian dari laporan keuangan yang menunjukan aliran masuk dan keluar uang (kas) perusahaan. Komponen laporan arus kas yang didasarkan pada 3 aktivitas yaitu arus kas dari kegiatan operasi, arus kas dari kegiatan investasi dan arus kas dari kegiatan pendanaan. Langkah membuka laporan arus kas yaitu:
Pada kotak dialog Command Center - klik Command panel : Reports.
Pilih Statement of Cash Flow.
Klik Customise, pilih periode laporan: Januari 2020.
Klik Display
ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Langkah untuk melihat analisa laporan yaitu:
Pada kotak dialog Command Center - klik Command panel : Analysis
Pilih Sales
Klik tombol Filters
-Pilih option : This Year’s Actuals Only
-Pilih Option : All Items
-Pilih Selected Period : Januari
Klik OK. Kemudian tampil jendela Analyse Sales.
Pilih tab Sales untuk melihat diagram penjualan
Pilih tab Margin untuk melihat tabel margin yang dihasilkan.
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
Kesimpulan penulis yang didapat dari penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut:
MYOB adalah salah satu software akuntansi yg dapat digunakan dalam perusahaan.
MYOB adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang dibuat secara terpadu (integrated software).
Saran
MYOB didesain untuk memenuhi kebutuhan penyediaan informasi akuntansi, sekaligus sebagai alat pengolah laporan keuangan dalam perusahaan dan dapat digunakan oleh karyawan/personal, Banyaknya software yang beredar dipasaran saat ini,khususnya dibidang Akuntansi membuat Anda harus hati-hati untuk menentukan software yang mana yang akan digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.slideshare.net/ahmadsukron2/makalah-pdf-61739737
https://studykasusfotocopymyob.blogspot.com/2019/
http://iinsoetarto.blogspot.com/2014/09/makalah-myob-modul-account.html
Slide Modul BSI Aplikasi Komputer Akuntansi II
Komentar
Posting Komentar